Minggu, 10 April 2016

JURNAL YANG MENYANGKUT PI (BAHASA INDONESIA)

pengenalan alat musik tradisional melalui metode demonstrasi pada anak usia 5-6 tahun



PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL
MELALUI METODE DEMONSTRASI
PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Zulaini, Yuline, Halida

ISI JURNAL
Memperkenalkan kepada anak alat – alat musik tradisional agar anak dapat lebih mengetahui mencintai keunikan dari kekayaan budaya bangsa. Indonesia adalah negara yang terdiri dari
banyak pulau dan berbagai propinsi, tiap propinsi memiliki karakteristik dan
kekayaan alam sendiri–sendiri baik musik maupun segi sosial dan ekonomi. Jika
didalam negeri kita sangat banyak sekali budaya yang sangat menarik dan
memikat hati kenapa kita terpengaruh dengan budaya asing. Alat musik
tradisional juga banyak ber bagai macam jenis dan kegunaan, yang merupakan
kekayaan bangsa dan budaya bangsa kita.

KESIMPULAN 
Anak kelompok B di TK LKIA III Pontianak dapat mengenal dengan baik alat
musik tradisional melalui metode demonstrasi sebagai berikut:
 a. Anak menyebutkan jenis-jenis alat musik tradisional pada waktu observasi awal anak
yang belum bisa berjumlah 11 orang setelah diadakan tindakan kelas melalui
demontrasi bisa semua.
b. Anak membedakan jenis-jenis alat musik tradisional pada waktu observasi awal anak yang belum bisa berjumlah 14 orang setelah diadakan tindakan kelas melalui demontrasi bisa semua.
c. Anak membedakan bunyi alat musik tradisional pada waktu observasi awal anak yang belum bisa
berjumlah 12 orang setelah diadakan tindakan kelas melalui demontrasi bisa semua.

METODE PENULISAN 
Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penilitian deskriptif
adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian
yang terjadi pada saat sekarang (Sugiono,2012:65). Metode deskriptif adalah
usaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat
sekarang. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas berfungsi untuk

meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran kelas (Asmani,2011:18).

referensi : jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/10307/9965

Tidak ada komentar:

Posting Komentar