Grafik
Komp. & Pengolahan Citra
Membuat garis dengan
menggunakan library OpenGL.
Apa itu OpenGL ?
OpenGL (Open Graphics
Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi
berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). Fungsi
dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau
executable ke sistem operasi. Didalam OpenGL mempunyai banyak pustaka /library
yang disebut OpenGL Unit Library Toolkit(Glut).
Didalam Glut tersebut
sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai
aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika
diterapkan pada sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda. OpenGL
ini sifatnya open source, dapat dipakai pada banyak platform (Windows ataupun
Linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler bahasa pemrograman
seperti C++, Delphi, Java ataupun VB.
Disini saya akan
menjelaskan langkah - langkah untuk membuat garis dengan menggunakan library
OpenGL.
1. Instal DEV C++ di
Laptop atau PC kamu
2. Download header glut
(headeryang digunakan untuk OpenGL)
3. Buka aplikasi
DEV C++ nya -> Klik menu Tools -> pilih Package Manager
4. Setelah memilih
Package Manager ,seperti dibawah ini:

5. Klik instal ->
ganti Files of type jadi Generic packages agar dapat membaca file header glut
nya yang berekstensi .zip atau .rar -> Open -> ikuti langkah-langkah
instal sampai selesai
Sekarang kita buat
program nya .
1. Klik File -> New
-> Project , maka akan seperti gambah dibawah ini:

2. Pilih pada tab
Multimedia -> OpenGL
3. Pada Project options
klik C++ Project
4. Klik Ok
Coding Program :
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
*Tulis kodingan pada
line 82 dibagian /* OpenGL animation code goes here */

Compile (F9) untuk
memeriksa jika ada keselahan ,jika tidak adak kesalahan maka Run (F10).
Akan menampilkan output
garis horizontal seperti gambar ini

Penjelasan :
1.
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
digunakan untuk memilih
warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
2.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
digunakan untuk
membersihkan layar latar belakang
3.
glPushMatrix ();
digunakan untuk membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
4.
glClearColor(1,1,1,0);
digunakan untuk
menentukan warna garis atau titik.
5.
glColor3f(1,1,1);
digunakan untuk
menentukan warna garis atau titik.
6.
glBegin(GL_LINES);
digunakan untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan .
7.
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
digunakan untuk menentukan
titik awal yang digunakan.
8.
glVertex3f(0,0,0.0);
digunakan untuk menentukan
titik akhir yang digunakan.
9.
glEnd ();
digunakan untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir .
10.
glPopMatrix ();
digunakan untuk membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
11 SwapBuffers (hDC);
digunakan untuk menukar
bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
Tidak ada komentar:
Posting Komentar