Senin, 26 Oktober 2015

Grafik Komp. & Pengolahan Citra

Membuat garis dengan menggunakan library OpenGL.

Apa itu OpenGL ?
OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Didalam OpenGL mempunyai banyak pustaka /library yang disebut OpenGL Unit Library Toolkit(Glut).
Didalam Glut tersebut sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda. OpenGL ini sifatnya open source, dapat dipakai pada banyak platform (Windows ataupun Linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler bahasa pemrograman seperti C++, Delphi, Java ataupun VB.

Disini saya akan menjelaskan langkah - langkah untuk membuat garis dengan menggunakan library OpenGL.
1. Instal DEV C++ di Laptop atau PC kamu
2. Download header glut (headeryang digunakan untuk OpenGL)
3. Buka aplikasi DEV C++ nya -> Klik menu Tools -> pilih Package Manager
4. Setelah memilih Package Manager ,seperti dibawah ini:
Description: file:///C:/Users/COMPAQ/Documents/blog%20tugas_files/
5. Klik instal -> ganti Files of type jadi Generic packages agar dapat membaca file header glut nya yang berekstensi .zip atau .rar -> Open -> ikuti langkah-langkah instal sampai selesai

Sekarang kita buat program nya .
1. Klik File -> New -> Project , maka akan seperti gambah dibawah ini:
Description: file:///C:/Users/COMPAQ/Documents/blog%20tugas_files/
2. Pilih pada tab Multimedia -> OpenGL
3. Pada Project options klik C++ Project 
4. Klik Ok
Coding Program :
                        glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
   glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

   glPushMatrix ();
   glClearColor(1,1,1,0);
   glColor3f(1,1,1); //
   glBegin(GL_LINES);
   glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
   glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);

   glEnd ();
   glPopMatrix ();

   SwapBuffers (hDC);

          Sleep (1);


        }
    }

*Tulis kodingan pada line 82 dibagian /* OpenGL animation code goes here */
Description: file:///C:/Users/COMPAQ/Documents/blog%20tugas_files/
Compile (F9) untuk memeriksa jika ada keselahan ,jika tidak adak kesalahan maka Run (F10).
Akan menampilkan output garis horizontal seperti gambar ini 
Description: file:///C:/Users/COMPAQ/Documents/blog%20tugas_files/
Penjelasan :

1.      glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
digunakan untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
2.      glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
digunakan untuk membersihkan layar latar belakang
3.      glPushMatrix ();
digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
4.      glClearColor(1,1,1,0);
digunakan untuk menentukan warna garis atau titik.
5.      glColor3f(1,1,1); 
digunakan untuk menentukan warna garis atau titik.
6.      glBegin(GL_LINES);
digunakan untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
7.      glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
digunakan untuk menentukan titik awal yang digunakan.
8.      glVertex3f(0,0,0.0);
digunakan untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
9.      glEnd ();
digunakan untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
10.  glPopMatrix ();
digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
11  SwapBuffers (hDC);
digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Sleep (1);

Tidak ada komentar:

Posting Komentar